Wabah Corona Covid-19 saat ini merebak ke seluruh penduduk di dunia. Virus tersebut pertama kali menyerang sebuah kota di Provinsi Hubei, Wuhan, China. Akibatnya ribuan orang meninggal dan tergeletak dijalanan karena terkontaminasi virus tersebut.

Melansir dari data Johns Hopkins University hari ini, 29 Maret 2020, tercatat kasus wabah virus corona tembus 200 Negara termasuk Indonesia. Tercatat ada 662.073 kasus hingga minggu pagi ini. Adapun jumlah kematian adalah sebanyak 30.780.

Kendati demikian, jumlah yang dinyatakan pulih atau sembuh juga terus bertambah menjadi 139.426.

Total sudah ada 141 negara yang mengonfirmasi terkena virus corona atau yang lebih dikenal dengan Covid-19.

Selain harus menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat dan juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar, hal lain yang dapat kita lakukan adalah mengikuti Anjuran Rasullullah.

Rasullullah pernah bersabda mengenai sebuah negeri yang tengah tertimba wabah penyakit pada masanya.

Rasulullah SAW mengingatkan untuk tidak memasuki daerah yang sedang terjangkit penyakit dan tidak keluar dari daerah yang sedang tertimpa wabah.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ أَنَّ عُمَرَ خَرَجَ إِلَى الشَّامِ فَلَمَّا جَاءَ سَرْغَ بَلَغَهُ أَنَّ الْوَبَاءَ قَدْ وَقَعَ بِالشَّامِ فَأَخْبَرَهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأَرْضٍ فَلَا تَقْدَمُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا فِرَارًا مِنْهُ فَرَجَعَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ مِنْ سَرْغَ

Artinya, “Dari Abdullah bin Amir bin Rabi‘ah, Umar bin Khattab RA menempuh perjalanan menuju Syam. Ketika sampai di Sargh, Umar mendapat kabar bahwa wabah sedang menimpa wilayah Syam. Abdurrahman bin Auf mengatakan kepada Umar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Bila kamu mendengar wabah di suatu daerah, maka kalian jangan memasukinya. Tetapi jika wabah terjadi wabah di daerah kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.’ Lalu Umar bin Khattab berbalik arah meninggalkan Sargh,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam artian saat ini berarti Baginda Nabi Muhammad SAW memerintahkan suatu kaum yang tengah ditimba musibah penyakit untuk ‘melockdown’ diri secara mandiri.

LOCKDOWN WABAH CORONA

Lockdown ini juga akan menguntungkan orang-orang, tujuannya untuk menghentikan wabah penyakit tersebut menulari lebih banyak orang.

Sementara selain memerintahkan untuk mengkarantina diri atau melockdown diri sendiri Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kita mengenai doa yang harus diucapkan kala tertimpa musibah wabah penyakit.

Allahumma innii a’uudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi-il asqaam.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari Penyakit belang, gila, kusta, dan segala Penyakit yang buruk dan mengerikan lainnya.” (HR. Abu Dawud)

Wallahu a’lam.

Nah, itu tadi adalah sebuah doa yang telah di anjurkan oleh Nabi Muhammad bagi para umatnya yang tengah tertimpa wabah penyakit.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to sanantag@gmail.com

× Konsultasi dengan Haji Gani